Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Usul Mobil Dinas Kabinet Jokowi-JK Pakai LCGC

Kompas.com - 12/09/2014, 12:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadaan mobil-mobil Mercedes Benz sebagai kendaraan dinas kabinet pemerintahan baru dibatalkan. Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat malah mengusulkan agar kabinet pimpinan pasangan presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla menggunakan mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC).

Hidayat mengaku sangat mendukung apabila Jokowi-JK dan para menterinya menggunakan mobil dinas yang diproduksi di dalam negeri. Saat ini, kata dia, cukup banyak mobil yang telah dirakit di Indonesia, termasuk pula diantaranya mobil mewah.

"Mobil yang dibuat di dalam negeri itu mulai dari Kijang, Avanza, Innova, BMW sampai Mercedes, silakan dipilih. Assembling (perakitan)-nya di Indonesia. Itu yang mesti diutamakan," kata Hidayat di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jumat (12/9/2014).

Lebih lanjut, Hidayat mengungkapkan mobil-mobil dinas yang digunakan para menteri kabinet Indonesia Bersatu II saat ini berupa Toyota Crown dan Camry. Kedua jenis mobil tersebut tidak dirakit di Indonesia, sehingga harus diimpor.

Menurut Hidayat, ada baiknya apabila mobil dinas yang digunakan oleh pejabat negara mengutamakan mobil produksi dalam negeri maupun mobil yang dirakit di Tanah Air. Ia merujuk kepada mobil jenis kecil yang dilihatnya digunakan oleh Perdana Menteri India.

"Dulu saya pernah ikut rombongan Presiden ke India. Pada waktu ada pertemuan bilateral, saya lihat perdana menteri India pakai mobil kecil atau lokal. Mungkin (kabinet Jokowi-JK) boleh juga pakai LCGC," ujar Hidayat.
baca juga: CT: Mercy Kabinet Jokowi Harganya Paling Murah dan Buatan Dalam Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com