Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Kementerian yang Raih Opini WTP Tak Jamin Bebas Korupsi

Kompas.com - 12/09/2014, 13:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Boediono mengapresiasi laporan keuangan kementerian dan lembaga yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Meskipun demikian, opini WTP yang diberikan tidak menjamin kementerian dan lembaga bebas dari tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme. "Kita sadar tidak ada jaminan kementerian, lembaga, pemerintah daerah yang telah memperoleh (opini) WTP benar-benar bebas dari praktik KKN. Berbagai upaya harus terus kita lakukan," ujar Boediono, Jumat (12/9/2014).

Boediono menyatakan, upaya yang dimaksudnya adalah upaya peningkatan kualitas laporan. Selain itu, harus pula dilakukan pengendalian internal. "Sistem pengendalian internal untuk mendeteksi dini praktik-praktik penyimpangan pengelolaan keuangan negara. Sudah ada PP Nomor 6 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah," jelas dia.

Untuk itu, dia meminta kementerian dan lembaga terus bekerja agar memperoleh opini yang baik dari BPK. "Upaya untuk meningkatkan kualitas pertanggungjawaban keuangan harus terus kita tingkatkan. Banyak LKKL belum memperoleh opini WTP. Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) saja masih Wajar dengan Pengecualian (WDP). Saya minta seluruh jajaran pemerintaham terus bekerja keras," kata Boediono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com