Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Mafia Migas ibarat Hantu

Kompas.com - 19/11/2014, 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi), Sofyano Zakaria, menilai mafia migas yang berkeliaran bagaikan hantu. Kejahatan mafia migas terasa, namun sosoknya tidak kelihatan.

"Mafia migas ibarat hantu, semua orang meyakini adanya hantu yang selalu berbuat jahat," ujar Sofyano, Selasa (18/11/2014).

Sofyano berharap tim komite reformasi tata kelola migas yang diketuai Faisal Basri, bisa menangkap mafia migas ini. Sofyano mengimbau kepada tim komite tersebut bisa bekerja sama dengan presiden dan pihak berwenang.

"Saya berharap upaya itu didukung penuh oleh presiden, KPK, Kejagung, Polri dan kelompok masyarakat yang anti mafia migas," kata Sofyano.

Penyelidikan yang cerdas terhadap ada atau tidaknya mafia migas dalam jual beli minyak bagi Indonesia dan pemberantasan mafia migas akan sangat membantu menghapus tudingan negatif bagi pekerja, misalnya pada badan yang menangani jual minyak bagi negeri ini.

"Pemerintah juga segera membentuk Badan Khusus Pemberantas Mafia Migas, yang kedudukannya langsung di bawah presiden," papar Sofyano. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

baca juga: Jadi Ketua Tim, Faisal Basri Berharap Bisa Ubah "Kutukan" Menjadi Berkah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com