Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Pemerintah Bangun 469 Pasar Rakyat

Kompas.com - 23/12/2014, 07:24 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan bahwa pemerintah sangat berkomitmen mengembangkan pasar rakyat. Tahun depan, Kemendag pun memiliki rencana membangun 469 unit pasar diseluruh Indonesia.

"Untuk tahun 2015, kita sudah memiliki anggaran. Nanti kita akan bangun 469 unit pasar," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Sri Agustina dalam diskusi mengenai pasar rakyat, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Lebih lanjut, kata SRI, dari 469 unit pasar tersebut, ada 336 pasar yang akan dibiayai dari dana alokasi khusus. Menurut dia, dana alokasi anggaran untuk revitalisasi pasar rakyat tahun 2015 sebesar Rp 997,5 miliar.

"Dana pembangunan Rp 2 miliar sampai Rp 12 miliar per pasar, tergantung luasnya," kata dia.

Sementara itu selama 5 tahun ke depan, pemerintah akan berusaha merevitalisasi 3.759 unit pasar rakyat diberbagai daerah di Indonesia. Namun, dalam waktu dekat pemerintah sudah memiliki kriteria pasar mana saja yang akan direvitalisasi.

"Yang jadi prioritas adalah pasar yang usianya lebih dari 25 tahun, pasar pasca bencana alam, pasar spesialis distribusi, pasar yang belum memiliki bangunan," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com