Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menaker Segera Umumkan Roadmap Penghentian TKI "Pekerja Rumah Tangga"

Kompas.com - 19/03/2015, 18:40 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Roadmap atau peta jalan kebijakan pemerintah untuk menghentikan penempatan TKI sebagai domestic worker atau pekerja rumah tangga ke berbagai negara penempatan hampis selesai. 

"Kita sudah membuat roadmap penghentian penempatan TKI yang bekerja di sektor domestik dengan pengguna (majikan) perseorangan. Tinggal tahap finalisasi saja," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, dalam pernyataan yang diterima Kompas.com

Saat meninjau Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Dalam Negeri (BBPLKDN) di Bandung pada Kamis (18/3/2015), Hanif menyatakan pihaknya sudah melaporkan roadmap penghentian penempatan TKI domestic worker ke Presiden Jokowi.

"Sedikit lagi, tinggal tahapan finalisasi roadmap-nya saja. Mengenai konten-konten dari roadmap tersebut, dalam waktu dekat akan kita umumkan ke masyarakat dalam waktu dekat ini," kata Hanif.

Ia mengatakan, pembuatan roadmap ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden untuk membenahi tata kelola perlindungan dan penempatan TKI yang bekerja di luar negeri.

"Pada prinsipnya dengan membuat roadmap ini kita ingin memastikan aspek perlindungan pekerja di luar negeri dilaksanakan secara maksimal untuk mengurangi kasus-kasus yang merugikan TKI," kata Hanif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com