Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Minta RPJM Desa Dipercepat Agar Dana Desa Bisa Cepat Dicairkan

Kompas.com - 01/04/2015, 17:33 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta perangkat desa untuk segera melaporkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Jika semua desa sudah siap, pemerintah pusat siap mengucurkan dana desa sebesar Rp 1 miliar per desa secara bertahap.

"Ya dipercepat lah. Ya tentu kalau semuanya sudah siap, bisa disalurkan," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar meminta masyarakat perdesaan memanfaatkan dana desa untuk kemandirian dan pemberdayaan masyarakat. Untuk tahun ini, menurut dia, anggaran desa akan digelontorkan secara bertahap.

Ia juga menekankan perlunya membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mewujudkan program desa mandiri. Sejauh ini, menurut Marwan, ada 419 desa di seluruh Indonesia.

Berdasarkan catatan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, sebanyak 40 persen dari jumlah desa tersebut belum melaporkan RPJMDes dan Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Ia pun mengatakan bahwa Pemerintah akan menunda penggelontoran dana desa jika April RPJDes belum semua dilaporkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com