Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Beroperasi Sebelum Puasa

Kompas.com - 03/06/2015, 08:53 WIB

CIREBON, KOMPAS.com -
Tol Cikampek - Palimanan yang panjangnya 116,7 km, terpanjang di Indonesia saat ini, akan dioperasikan sebelum bulan Puasa.

"Tol ini sudah siap 99 persen dan sudah siap beroperasi sebelum Ramadhan tiba, nanti presiden akan meresmikannya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono pada saat peninjauan tol Cikampek-Palimanan di Jawa Barat, Selasa (2/6/2015).

Jalan tol yang dibuat dalam kombinasi beton dan aspal tersebut sedang dipasangi rambu-rambu lalu lintas serta lampu.

Menteri Basuki mengatakan, setelah jalan tol itu beroperasi diharapkan bisa mengurangi kemacetan hingga 40 persen di jalur pantura.

Namun karena ini tol baru, pasti akan banyak kendaraan yang melewatinya, oleh sebab itu agar tidak terjadi penumpukan pada saat arus mudik, polisi akan membangi arus antara jalan tol dan jalur arteri.

Di dalam jalan tol tersebut akan ada delapan area peristirahatan, empat area peristirahatan kelas A yang memiliki tempat pengisian bahan bakar, serta empat lagi area peristirahatan kelas B.

Sebanyak 99 jembatan juga telah di bangun sepanjang jalan tol tersebut, tinggal jembatan Ciherang yang masih dalam pengerjaan, dalam tol tersebut juga ada jembatan penyebrangan buat penduduk sekitar.

"Melalui jalan tol ini, masyarakat bisa terus jalan dari Cikampek terus ke Brebes Timur tanpa harus keluar tol," kata Meneteri Basuki.

Jalan tol tersebut dioperasikan oleh PT Lintas Marga Sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com