Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tomat di Bireun Naik Dua Kali Lipat Karena Pasokan Minim

Kompas.com - 20/06/2015, 08:37 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com - Harga tomat Medan melambung di pasar Kota Bireuen, Aceh, selama sepekan terakhir. Harga per kilogram tomat saat ini berkisar antara Rp 14.000 hingga Rp 15.000.

Padahal sebelum ramadhan, harga tomat masih berkisar Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per kilogram. Amir, seorang pedagang sayur di Komplek Pasar pagi Bireuen, mengatakan naiknya harga tomat dipengaruhi dari minimnya pasokan tomat Medan yang mayoritas dikirim dari Brastagi.

”Kata agen karena Sinabung kembali aktif jadi petani tak bisa panen,” katanya. Namun dia tak mampu berspekulasi kapan pasokan lancar dan harga tomat kembali turun. Kendati pasokan tomat Aceh tersedia, namun kurang diminati warga sehingga banyak yang membusuk.

"Saya sempat menjualnya kemarin tapi karena cepat busuk jadi tak laku,” tambah Amir.

Sementara itu, para pembeli mengeluhkan melambungnya harga tomat saat ini. Di mana kebutuhan dapur menjadi prioritas selama ramadhan untuk sahur dan berbuka puasa.

"Hampir rata-rata yang dimasak pakai tomat. Jadi kesulitan sekali dengan naiknya harga tomat dua kali lipat begini," sahut Ria, seorang ibu rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com