Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Pegadaian Diserbu Nasabah

Kompas.com - 03/07/2015, 11:11 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com – Selama dua pekan terakhir ini aktivitas di Pegadaian Syariah Bireuen, mengalami peningkatan. Masyarakat banyak yang menggadaikan perhiasan emasnya dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Bireuen, Desvialdy SE, Kamis (2/7/2015) mengatakan, hampir mencapai 90 persen nasabah menggadaikan perhiasan emas, selebihnya barang elektronik dan sepeda motor.

“Kendati kita belum mengantongi data angka pasti namun nasabah meningkat sejak pertama Ramadhan untuk menggadaikan barang khususnya emas,” kata Desvialdy.

Sementara nasabah yang menggadaikan sepeda motor dan barang elektronik, seperti notebook atau laptop, masih minim. “Rata-rata pengeluaran atau modal yang kami keluarga untuk nasabah tersebut berkisar Rp 500.000 hingga 5 juta per nasabah,” jelasnya.

Menurut dia, banyaknya warga yang menggadaikan emas dan barang lainnya, untuk memenuhi kebutuhan belanja untuk persiapan Lebaran.

Namun, sebut dia, ada juga warga yang menebus emasnya menjelang hari raya. Nasabah yang menebus perhiasan di Pegadaian itu rata-rata para pegawai negeri sipil. “Mereka menebus mungkin karena sudah gajian atau mendapat tunjangan hari raya (THR), tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan nasabah yang menggadaikan perhiasannya,” ucapanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com