Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Pelabuhan, Lino Lebih Percaya Bea Cukai Ketimbang Kemenhub

Kompas.com - 04/08/2015, 04:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelindo RJ Lino mengaku lebih percaya kepada Bea Cukai sebagai Otoritas Pelabuhan, dibandingkan Kementerian Perhubungan yang mengatur seluruh masalah bongkar muat dan perizinan dokumen barang.

Jika dari Bea Cukai yang dibawah Kementerian Keuangan menjadi otoritas pelabuhan, waktu inap barang (dwell time) yang jadi momok pemerintah kabinet kerja bisa diperkecil. Saat ini dwell time masih mencapai 5,5 hari, sedangkan target Presiden Joko Widodo adalah 3,5 hari.

"Jadi Bea cukai yang cocok untuk selesaikan masalah dwelling time," ujar Lino di kantor Kementerian BUMN, Senin (3/8/2015).

Lino memaparkan, Ditjen Bea Cukai bisa menangani lintas sektoral kementerian. Dengan posisi itu, Lino yakin otoritas pelabuhan bisa cepat bekerja di dalam pelabuhan.

"Bea Cukai yang koordinasi semua kementerian. Pertanian, perdagangan," ungkap Lino.

Lino menambahkan, Kementerian Perhubungan sudah sepatutnya hanya menangani transportasi untuk masyarakat saja bukan barang.

"Itu dia yang kontrol, bukan perhubungan," ujar Lino. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com