Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Tahun Ini Diprediksi Sesuai Target Pemerintah

Kompas.com - 02/10/2015, 02:03 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi tahun kalender hingga bulan September 2015 mencapai 2,24 persen. Dengan demikian, ditaksir angka inflasi hingga akhir tahun ini bisa di rentang yang ditargetkan pemerintah, yakni 3-5 persen.

Kepala BPS Suryamin menuturkan, meski baru mencapai 2,24 persen, namun ada dua komoditas yang sangat perlu mendapat perhatian pemerintah, yakni beras dan bahan bakar minyak (BBM).

Komoditas beras mempunyai bobot tertinggi dalam penghitungan inflasi, mencapai 4 persen, sedangkan BBM memiliki bobot hanya sedikit di bawahnya, yakni 3,9 persen. “Dua itu saja, kita optimistis (target inflasi tercapai),” ucap Suryamin, di Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Suryamin mengatakan, pemantauan harga terhadap komoditas lainnya juga harus terus dilakukan. Komoditas beras menjadi prioritas, sebab pasokan bahan makanan lainnya relatif melimpah. “Kedua, tidak menaikkan harga BBM,” sambung Suryamin.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo menambahkan, meski inflasi tahun kalender hingga September baru 2,24 persen namun ada ancaman dalam pengendalian inflasi tiga bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com