Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM Targetkan Peringkat Kemudahan Berbisnis RI Capai 100 Besar

Kompas.com - 08/01/2016, 17:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan pihaknya menargetkan peringkat Ease of Doing Business (EoDB) atau kemudahan berbisnis Indonesia naik peringkat pada tahun 2016.

Ditargetkan, peringkat EoDB RI tembus double digit.

Kepala BKPM Franky Sibarani menerangkan, pada tahun 2015 lalu posisi EoDB Indonesia berada peringkat 109.

Posisi berdasarkan survei Bank Dunia ini menmbaik dibandingkan peringkat 120 pada tahun sebelumnya.

Menurut Franky, pihaknya menargetkan posisi EoDB Indonesia dapat lebih membaik hingga berada pada kisaran double digit pada tahun 2016 ini.

Meskipun demikian, dia mengaku pihaknya masih melakukan penghitungan terkait peringkat pasti EoDB Indonesia untuk tahun 2016.

"Target EoDB double digit itu memang kita harus lebih ekstrim kenaikannya. Double digit-nya berapa sedang kita hitung. Selain itu, kepastian berusaha dalam bentuk revisi panduan investasi juga ditargetkan selesai di bulan April 2016," ujar Franky dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (8/1/2016).

Terkait strategi melakukan pemasaran investasi secara lebih terfokus, capaian BKPM tahun 2015 ditandai dikantonginya izin prins senilai Rp 1.852 triliun. Adapun minat investasi mencapai 118 miliar dollar AS.

"Ini dilakukan dengan memanfaatkan instrumen kantor perwakilan BKPM di luar negeri serta pembentukan tim Marketing Officer di BKPM. Untuk tahun 2016, BKPM menargetkan penambahan kantor perwakilan di China untuk mendorong investasi di negara tersebut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com