Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Thailand Heran, Kok Musim Ini Kita Tidak Impor Bawang

Kompas.com - 29/01/2016, 20:32 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertanian Amran Sulaiman berkisah soal cerita-cerita unik dalam pertemuannya dengan empat duta besar negara tetangga. Salah satunya, pihak Thailand yang keheranan karena tahun ini tidak ada rencana impor bawang oleh Indonesia.

"Sekarang mereka sedang puncak produksi, tetapi mereka bingung (mau dijual ke mana) karena sekarang kita tidak impor," ujar Amran di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jumat (29/1/2016).

Amran mengklaim, saat ini Indonesia tidak perlu untuk impor bawang karena pasokan sudah cukup. Bahkan, di beberapa tempat, harga bawang sudah menyentuh level Rp 8.000 per kg di tingkat petani. Harga tersebut menunjukkan bahwa pasokan bawang di Tanah Air melimpah.

"Kita tidak ada impor karena harga bawang di Malang Rp 8.000 per kilo, Brebes Rp 15.000 per kilo," ujar Amran. Hal ini, kata Amran, disebabkan oleh sistem produksi bawang nasional yang sudah diperbaiki.

"Jadi, perencanaan dibuat supaya tidak ada bulan yang kosong pasokan bawang," tutur Amran.

Seperti diberitakan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman hari ini bertemu dengan duta besar Jepang, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan. Indonesia mengajak empat negara tersebut berinvestasi di sektor pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com