Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organda Merasa Tidak Bertanggung Jawab Aksi "Sweeping" Peserta Demo Taksi

Kompas.com - 22/03/2016, 19:31 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demo para supir angkutan darat yang terjadi sejak pagi ini (22/3/2016) hingga sore tadi, berlangsung ricuh.

Aksi demo diwarnai sweeping ribuan peserta demo pada pengemudi taksi yang enggan ikut aksi demo atau sedang mengantarkan penumpang.

Ketua Organisasi Angkatan Darat (Organda) Andrianto Jokosutono membantah bahwa pihaknya mengetahui adanya aksi sweeping ini. Dia menegaskan, aksi ini hukan aksi yang dilakukan oleh Organda.

"Aksi ini bukan aksi yang dilakukan oleh Organda. Aksi ini murni paguyuban yang tergabung di dalamnya pengemudi aneka angkutan umum di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya," kata dia melalui sambungan telepon kepada KompasTV.

Terkait adanya laporan adanya penumpang yang diturunkan di tengah jalan dan diperas oleh supir taksi, juga ada gambar sesama supir taksi saling mencegat supir taksi yang lewat di jalan tol dan merusak taksi tersebut, Organda juga menolak bertanggung jawab.

"Kami bukan merupakan pihak yang bertanggung jawab atas aksi ini. Organda bukan pihak yang bertanggung jawab," kata dia.

Menurut dia, setiap perusahaan berbeda-beda kebijakannya terhadap demo ini. Tapi dia yakin, anggota Organda tidak akan mendukung tindakan anarkis yang dilakukan para pendemo tersebut.

Sebagaimana diketahui, sejak pagi ini terjadi demo besar-besaran oleh sopir angkutan umum menolak kehadiran transportasi yang berbasis aplikasi, seperti Grab, Uber, dan sebagainya.

Demo yang dilakukan di sejumlah ruas jalan utama di Jakarta itu dilaporkan juga sempat anarkistis.

Kompas TV Organda: Kami Tak Bertanggung Jawab atas Demo!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com