Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Investasi Rp 173,6 Triliun di Luar Jawa Tetap Berlanjut

Kompas.com - 06/04/2016, 15:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memfasilitasi 16 proyek investasi di luar pulau Jawa dengan nilai mencapai Rp 173,6 triliun. Dengan demikian, proyek investasi tersebut tetap bisa berlanjut.

Dari jumlah tersebut, yang telah direalisasikan mencapai Rp 120,9 triliun atau 69 persen dari komitmen investasi yang dituangkan dalam izin prinsip. Angka ini dinilai positif dalam mendukung upaya pemerintah mendorong pemerataan pembangunan di luar Pulau Jawa.

"Dari total 27 proyek yang menyerap 48.956 tenaga kerja lanjut operasi, 16 proyek berada di luar Pulau Jawa, sementara yang 11 berada di Pulau Jawa,” kata Kepala BKPM Franky Sibarani dalam keterangan resmi, Rabu (6/4/2016).

Menurut Franky, provinsi di luar Pulau Jawa yang menyumbang terbesar dari proyek investasi yang lanjut operasi adalah provinsi adalah Provinsi Papua dengan jumlah proyek investasi dua dan nilai investasi mencapai Rp 102 triliun dan telah terealisasi Rp 97,3 triliun.

"Setelah Papua, ada Provinsi Kalimantan Barat juga dengan 2 proyek investasi senilai Rp 28,9 triliun dan baru terealisasi Rp 7,6 triliun,” ungkap Franky.

Provinsi lainnya adalah Maluku Utara dengan nilai investasi Rp 19,7 triliun dan baru terealisasi sebesar Rp 1,6 triliun. Disusul dengan Sulawesi Selatan Rp 6,7 triliun, Kalimantan Selatan Rp 6,4 triliun dan Bali Rp 4,8 triliun.

"Beberapa sektor yang berlanjut operasi dan telah direalisasikan adalah sektor pertambangan, perkebunan, industri smelter alumina. Ini adalah bidang usaha yang akan mendorong pertumbuhan sektor-sektor lainnya,” jelas Franky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com