Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Keluarkan Rp 396,22 Miliar untuk Investasi "Digital Banking"

Kompas.com - 25/04/2016, 07:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA mengeluarkan dana 30 juta dollar Amerika Serikat (AS), atau Rp 396,22 miliar (kurs Rp 13.207,49 per dollar AS)  untuk investasi di perbankan digital atau digital banking pada tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Tendean dalam acara Finhack 2016 di Jakata.

Menurut Hermawan ke depannya BCA akan fokus pada digital banking. Ia mengatakan saat ini digital banking itu sangat variatif sehingga BCA akan mengikuti perkembangan yang ada.

"Saat ini kita juga fokus yang sifatnya aplikasi mobile, karena ke depannya mobile device itu akan jadi tools yang sering digunakan," ujar Hermawan di Jakarta, Minggu (24/4/2015).

Hermawan menambahkan, dana investasi 30 juta dollar AS tersebut akan lebih banyak tersedot untuk mengembangkan aplikasi pendukung perbankan.

"Melihat perkembangan zaman BCA ingin ikut andil dalam perkembangan aplikasi dan uang segitu kami nilai cukup," kata dia. 

Dari mana BCA mendapatkan dana untuk pengembangan aplikasi ini? Hermawan mengatakan, perolehan dana investasi dikonversi dari pengurangan dana-dan yang sistemnya konvesional Seperti ATM.

"Untuk investasi digital banking tahun depan, kami akan berhitung lagi. Kemungkinan naik," lanjut dia.

Terbuka

Sementara itu, Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmaja mengatakan BCA akan lebih terbuka dengan inovasi teknologi.

Dia mengatakan, pengembangan aplikasi dalam digital banking penting mengingat persaingan bisnis saat ini sangat ketat.

"Kalau teknologi digital itu banking itu lebih efesien dan lebih bermanfaat buat kami, ya kami akan invest," ujar Jahja

Selain itu, saat ini BCA sedang mendalami aplikasi-aplikasi digital banking yang ada di Indonesia mulai dari keamanan dan kemudahannya. BCA juga akan mematenkan sejumlah aplikasi, sesuai dengan ketentuan jika aplikasi itu sangat bermanfaat.

Kompas TV BCA Akan Kenakan Biaya Cek Saldo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com