Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Sawah Kering, Kementan Gelar Tripartit Irigasi Waduk Jatigede

Kompas.com - 10/05/2016, 16:16 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) tengah membangun konsep tata kelola air irigasi Waduk Jatigede yang dikenal dengan Tripartit.

Koordinasi konsep irigasi Waduk Jatigede juga melibatkan Dinas Pertanian dari Pemda Bogor, Sumedang, Cirebon dan Indramayu.

"Waduk Jatigede sudah mulai operasional, kita ingin sistem irigasi dapat terkoordinasi agar efisien dan mewujudkan pertanian berkelanjutan," kata Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Infrastruktur Ani Andayani Selasa (10/5/2016)

Tripartit digelar untuk memastikan pengalirannya melalui bendung rentang dapat terdistribusi untuk sungai Cimanuk.

Di sisi lain dirancang pula pengelolaan saluran irigasi lainnya bagi Kabupaten Indramayu dan Cirebon agar termanfaatkan oleh petani padi sawah.

"Adapun di wilayah hulu, Kementerian LHK bersinergi dengan kementerian PUPR untuk membuat daerah tangkapan air, misalnya dalam bentuk Green Belt atau bangunan penahan air," terang Ani.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Widianto mengatakan, saat ini tengah dilakukan konstruksi jaringan irigasi dengan air sungai tetap mengalir.

Tujuannya agar air mengalir dan dapat dimanfaatkan petani.

"Teknologi ini hemat biaya dan waktunya pengaliran lebih singkat dibandingkan dengan cara menutup total," kata Widianto.

Tripartit tengah ancang-ancang menyusun master plan guna merancang irigasi primer, sekunder hingga ke tersier atau bahkan sampai ke kuarter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com