Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura l Butuh Rp 25 Triliun untuk Kembangkan 5 Bandara

Kompas.com - 23/06/2016, 21:44 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura l (Persero) pada tahun 2016 hingga 2020 berencana menerbitkan obligasi total Rp 14,5 triliun dan pinjaman kredit investasi dari perbankan maupun non perbankan senilai total Rp 10,5 triliun.

Sehingga secara keseluruhan Angkasa Pura I akan menerbitkan obligasi dan pinjaman bank/non bank sekitar Rp 25 triliun dalam kurun waktu 2016 hingga 2020 mendatang.

"Kebutuhan dana sebesar itu akan digunakan untuk pengembangan lima bandara yang saat ini kondisinya sudah mengalami lack of capacity," ujar Finance & Information Technology Director AP l, Novrihandri di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Novri mengatakan, penerbitan obligasi dan pinjaman bank/non bank ini untuk memenuhi kas internal perusahaan dalam rangka membiayai pengembangan lima bandara, yaitu Bandara Ahmad Yani Semarang yang ditargetkan beroperasi tahun 2018, Bandara Syamsudin Noor (2019), Bandara baru Yogyakarta (2020), Terminal 3 Bandara Juanda Surabaya (2020), dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (2020).

"Pengembangan bandara-bandara tersebut mendesak dilakukan karena sudah mengalami lack of capacity. Pengembangan bandara ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan serta mengimbangi pertumbuhan industri penerbangan nasional," terang Novri.

Novri menyebutkan, pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang diperkirakan membutuhkan investasi kurang lebih Rp 2,1 triliun, Bandara Syamsudin Noor Rp 2,3 triliun, Bandara baru Yogyakarta Rp 9,3 triliun, Terminal 3 Bandara Juanda Surabaya Rp 9,1 triliun dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Rp 3,6 triliun.

"Salah satu kebutuhan dana yang mendesak saat ini adalah untuk membayar ganti rugi pembebasan lahan bagi proyek bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo yang akan dilaksanakan mulai Agustus 2016 ini," pungkas Novri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com