Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemungkinan, Puncak Arus Mudik di Merak Nanti Malam

Kompas.com - 03/07/2016, 16:11 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melakukan pemantauan arus mudik di Pelabuhan Merak Banten. Jonan memaparkan hasil pemantauan arus mudik di Pelabuhan Merak Banten hari ini, relatif berjalan lancar. "Pemantauan hari ini lancar aja, dibanding Sabtu, Minggu biasa sama seperti ini. Mungkin tadi malam menurut Dirut ASDP dan Kapolda Banten itu agak menurun," ujar Jonan di Pelabuhan Merak, Minggu (3/7/2016).

Terkait puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Jonan memperkirakan belum terjadi lonjakan penumpang. "Kalau saya kira belum untuk puncak arus mudik dari Merak ke Bakauheuni mungkin bisa saja nanti malam ada lagi," tambah Jonan.

Sementara itu, jika ditinjau secara nasional arus mudik kali ini, Jonan mengatakan lebih baik. "Jika dibandingkan tahun lalu, tahun ini lebih rapi, petugasnya lebih siap baik pihak kepolisian di jalan raya, petugas di bandara dan sebagainya lebih teratur. Dan juga karena liburnya lebih panjang," jelas Jonan.

Jonan menambahkan, penjualan tiket dengan sistem e-ticketing yang dilakukan ASDP di rest area tol menuju Pelabuhan Merak sangat membantu. "Adalagi kalau yang menggunakan transportasi umum kecuali bus seperti kereta api, penyeberangan laut lalu juga udara banyak yang sudah menggunakan penjualan tiket di depan atau sistem online. ASDP juga bagus di KM 68 ada penjualan tiket sehingga penumpukan di dermaga, terminal, bandara, stasiun kereta hampir tidak ada," jelas Jonan.

Sementara itu, terkait rencana strategis pemerintah dalam menghadapi arus mudik tahun ini, Jonan mengatakan pihaknya setiap tahun melakukan evaluasi. "Begini ya setiap kali itu kita evaluasi perbaiki dari tahun ke tahun. Sarana dan prasaranannya harus tambah. Kayak di sini di Pelabuhan penyeberangan Merak dan Bakauheuni mudah-mudahan tahun depan sekarang dermaganya ada lima ya, kemudian tahun depan tujuh yang di Merak," pungkas Jonan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com