Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Instruksikan Bulog Stabilkan Harga Bahan Pokok pada Idul Adha 2016

Kompas.com - 14/07/2016, 14:09 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Momentum Lebaran telah berlalu, harga bahan baku pun mulai berangsur-angsur mengalami penurunan meski belum sesuai harapan.

Namun demikian, masyarakat pun akan kembali dihadapkan pada momentum Idul Adha di mana pada saat itu harga-harga bahan pokok mulai kembali merangkak naik.

Presiden Joko Widodo dalam hal ini menginstruksikan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk ikut serta menstabilkan harga-harga bahan pokok.

"Presiden sudah menginstruksikan, bahwa kita ingin kestabilan harga bukan cuma Ramadhan tapi setiap waktu," ujar Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Menurut Djarot, momentum Idul Adha akan menjadi ujian awal bagi Bulog untuk membuktikan kepada Presiden bahwa Bolog mampu ikut serta menstabilkan harga.

"Dalam waktu dekat Idul Adha akan jadi titik ujian, apakah itu stabil tidak. Kemudian Natal dan Tahun Baru. Nah dimasa itu dititik beratkan itu ada pergerakan harga atau tidak," imbuh Djarot.

Selain itu, Bulog juga diinstruksikan oleh Presiden untuk membuat strategi dalam menjaga harga bahan pokok sepanjang tahun.

"Kemarin diinstruksikan Presiden untuk buat rancangannya. Karena ada barang yang musiman, ada juga yang sepanjang tahun. Ada yang musiman tapi dipakai sepanjang tahun. Nah kondisi ini kita rancang." pungkasnya.

Kompas TV Adu Mulut, Petugas Dan Pedagang Hewan Qurban Nyaris Ricuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com