Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN: Terminal 3 Soekarno-Hatta Beroperasi Maksimal Saat Hari Kemerdekaan

Kompas.com - 25/07/2016, 15:15 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang akan mulai beroperasi secara maksimal pada saat hari raya kemerdekaan 17 Agustus 2016.

"Terminal 3 dalam proses, insya Allah pada saat hari kemerdekaan bisa mulai dilakukan operasional," ujar Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Bahkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengatakan, pengoperasian Terminal 3 sudah bisa beroperasi secara maksimal pada minggu kedua sebelum 17 Agustus.

"Sudah disampaikan oleh Kementerian Perhubungan, akan dibuka minggu kedua," imbuh Budi Karya Sumadi.

Terkait permintaan Kementerian Perhubungan soal pembangunan satu sub-tower lagi di Terminal 3, Budi Karya mengatakan bahwa pembangunan tower tersebut sudah 100 persen rampung sehingga pengoperasian Terminal 3 dapat segera direalisasikan.

"Sudah buat, sudah 100 persen selesai, tinggal diverifikasi saja," terang Budi Karya Sumadi.

Selain itu, sosok dua ekor burung garuda dalam bentuk patung yang dipilih Angkasa Pura II untuk diletakkan di gerbang masuk Bandara Soekarno-Hatta pun saat ini pengerjaannya sudah mencapai 50 persen, dan diperkirakan akan siap menyambut hari raya kemerdekaan pada tenggat waktu yang telah ditentukan.

"Sudah mulai dibangun, sudah 50 persen, kami arahkan 17 Agustus patung garuda sudah selesai," pungkas Budi Karya Sumadi.

Kompas TV Menhub Beberkan Tanggal Operasi Terminal 3 Soetta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com