Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Deklarasi Rp 11,8 Triliun dari Amnesti Pajak buat "Pemanasan"

Kompas.com - 10/08/2016, 05:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo mengatakan per hari ini dana yang sudah dideklarasi telah mencapai Rp 11,8 Triliun. Dana itu masuk dari 1.810 peserta amnesti pajak.

“Data yang saya terima, peserta amnesti pajak sudah 1.810 peserta, tapi uang yang masuk Rp 11,8 triliun, sedikit buat saya. Awal-awal gak apa-apa. Ini pemanasan buat saya,” kata Presiden, di sela sosialisasi Tax Amnesti di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/8/2016) malam.

Meski dana yang masuk baru Rp 11,8 triliun, namun sudah berimbas positif bagi perekonomian nasional. Presiden menyebut imbas dari itu, cadangan devisa sudah mulai meningkat tajam.

“Devisa kita dari 103 miliar dollar AS sekarang sudah 111 miliar dollar AS. Negara lain sekarang tergerus devisanya, kita malah naik dan ini patut disyukuri alhamdulillah,” tambahnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakin jika program amnesti pajak akan sukses dan membuat hal positif bagi bangsa. Salah satunya adalah penguatan nilai tukar rupiah, peningkatan devisa, penguatan likuiditas perbankan, hingga pada masa mendatang terjadi peningkatan penerimaan negara.

Jokowi pun meminta kalangan pengusaha yang menyimpan dollar untuk berhati-hati. Sebab, nilai tukar pada rupiah pasti menguat terhadap dollar.

“Yang nyimpan dolar hati-hati, terutama eksportir. Turun ini nanti, bingung. Cadangan devisa sudah naik, nanti kalau dana masuk di perbankan maka likuiditas di perbankan akan naik, penyaluran di masyarakat akan lebih mudah,” ujar Presiden.

“Tentunya jangka menengah dan panjang akan terjadi peningkatan penerimaan negara. Tahun depan hingga 10 tahun ke depan ini akan menjadi lebih besar lagi,” imbuhnya.

Sebelumnya, saat sosialisasi Tax Amnesty di Bandung Senin (8/8/2016) kemarin, total dana yang sudah dideklarasi mencapai Rp 9,27 triliun dengan total dana tebusan mencapai Rp 193 miliar.

Sejauh ini telah ada 55 perusahaan yang ditetapkan sebagai gateway bagi program amnesti pajak, terdiri dari 18 bank, 18 manajer investasi, dan 19 perantara pedagang pajak.

Perluasan perusahaan penyalur diharapkan mengurangi alasan bagi wajib pajak untuk tidak ikut Tax Amnesty.

Kompas TV 107 Wajib Pajak Serahkan Surat Pernyataan Amnesti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com