Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Obat Tradisional Mampu Serap 15 Juta Tenaga Kerja

Kompas.com - 30/08/2016, 15:52 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini industri obat tradisional mampu menyerap 15 juta tenaga kerja di Indonesia. Sebanyak tiga juta diantaranya terserap di industri jamu yang berfungsi sebagai obat. 

"Sedangkan 12 juta lainnya terserap di industri jamu yang telah berkembang ke arah makanan, minuman, kosmetik, spa, dan aromaterapi," ujar Menperin dalam pembukaan pameran kosmetik dan jamu di Plasa Pameran Industri, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Menperin menambahkan, saat ini industri jamu dan obat tradisional tengah mencatatkan prestasi yang baik. Hal tersebut terlihat dari omzet yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tercatat pada 2015, penjualan industri obat tradisional mencapai Rp 16 triliun dan pada 2016 diperkirakan mencapai Rp 17 triliun.

Saat ini terdapat 1.247 industri jamu yang terdiri dari 129 Industri Obat Tradisional (lOT) dan selebihnya termasuk golongan Usaha Menengah Obat Tradisional (UMOT) dan Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT) yang tersebar di wilayah Indonesia terutama di Pulau Jawa.

Menperin menuturkan, dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri nasional, baik skala besar maupun skala kecil dan menengah.

Undang-undang ini menurunkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2015 tentang Rencana lnduk Pembangunan industri Nasional Tahun 2015-2035 (RlPlN).

Dalam PP ini diatur industri farmasi dan kosmetik menjadi salah satu industri andalan, yaitu industri prioritas yang berperan besar sebagai penggerak utama (prime mover) perekonomian di masa yang akan datang.

Menurut Menperin, pengembangan industri obat tradisional harus menekankan pada penguasaan teknologi dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (PBDN). Selain itu, juga diharapkan ketergantungan terhadap bahan baku impor akan berkurang.

Kompas TV Es Krim Jamu, Gimana Ya Rasanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com