Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Tetap Ingin Gandeng Swasta pada Proyek Kilang Bontang

Kompas.com - 01/11/2016, 21:34 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menyampaikan perseroan nampaknya tetap akan menggandeng pihak swasta dalam proyek kilang baru (New Grass Root Refinery/NGRR) Bontang, Kalimantan Timur.

“Pasti nanti kerja sama dengan swasta karena Pertamina enggak mungkin memiliki kemampuan keseluruhan untuk berinvestasi,” kata Dwi di sela-sela Rakernas Kadin Bidang Energi dan Migas di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Sebagaimana diketahui, proyek kilang Bontang ini merupakan proyek dengan skema Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan Pertamina sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerja sama (PJPK).

Pertamina ditunjuk oleh pemerintah sebagai PJPK proyek kilang Bontang pada Februari 2016. Dalam perkembangannya, skema proyek berkapasitas 300.000 barel per hari (bph) itu disebut-sebut bakal diubah menjadi penugasan ke Pertamina.

Dalam beberapa kali kesempatan, Pertamina menyatakan sanggup apabila ditugasi membangun proyek yang menelan nilai 15 miliar dollar AS itu.

Namun saat dikonfirmasi ulang, Dwi menilai lebih baik perseroan bekerja sama dengan swasta.

“Jadi Pertamina pasti akan kerja sama dengan swasta. Nan nanti bagaimana mekanismenya, apakah itu BOT (build, operate, transfer) atau Pertamina juga bisa punya share dan sebagainya, akan kami kalkulasi seluruhnya,” ucap Dwi.

Meski menggandeng swasta, Dwi memastikan Pertamina ikut terlibat dalam pembangunan kilang Bontang, dan tidak hanya menjadi off-taker dari swasta yang mengoperasikan kilang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com