Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Bus PPD, Kemenhub Bantu Pemulangan Peserta Demo 4 November ke Berbagai Daerah

Kompas.com - 05/11/2016, 11:03 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengerahkan sebanyak 50 bus PPD untuk membantu para peserta demonstrasi 4 November kembali ke daerah masing-masing. 

Pengerahan bus tersebut dikoordinasi langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto di depan Gedung DPR pada Sabtu (5/11/2016).

"Pengerahan bus ini atas instruksi langsung Bapak Menteri Perhubungan agar negara tetap melayani publik walaupun itu pengunjuk rasa," ujar Pudji dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com di Jakarta, Sabtu.

Pudji menuturkan, sebanyak 15 bus PPD dikerahkan untuk memulangkan para peserta demonstrasi ke wilayah Jabodetabek. Kemudian, lima bus PPD untuk memulangkan peserta ke wilayah Cirebon dan Lampung. Sementara itu, 30 bus PPD lainnya disiagakan di Kantor Kemenhub, Jakarta.

Pudji mengimbau kepada para pengemudi agar selalu berdoa sebelum memulangkan para peserta demo ke daerah asalnya. Dirinya juga meminta kepada para pengemudi agar selalu disiplin berlalu lintas.

"Selain itu, saya meminta pengemudi istirahat yang cukup, bila mengantuk maka berhenti dulu, antar sampai tujuan dan berhenti di tempat aman atau terminal kota tujuan, dan lapor petugas bila ada hal-hal yang menonjol," imbuh dia.

Pudji menegaskan, layanan dari Kemenhub ini diberikan secara gratis tanpa dipungut bayaran. "Saya tegaskan dilarang memungut biaya, dan lapor kepada petugas bila ada permasalahan. Atas nama Bapak Menteri Perhubungan, diucapkan selamat bertugas," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com