Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Muamalat Targetkan Pembiayaan Tumbuh 10 Persen pada 2017

Kompas.com - 30/01/2017, 17:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menargetkan pembiayaan dapat tumbuh 10 persen pada 2017. Target ini sejalan dengan kisaran pertumbuhan kredit yang dipatok regulator untuk tahun ini, yakni 9 hingga 12 persen.

"Tahun ini (ditargetkan pembiayaan tumbuh) 10 persen. Tetap double digit, kita diusahakan," kata Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman di Muamalat Tower Jakarta, Senin (30/1/2017).

Endy menjelaskan, pada tahun 2016 lalu, pertumbuhan pembiayaan Bank Muamalat cenderung stagnan. Sepanjang tahun 2016, Bank Muamalat mencatat penyaluran pembiayaan sebesar Rp 40,1 triliun.

"Jadi sesuai dengan strategi yang kita canangkan supaya kita lebih ke perbaikan kualitas (pembiayaan) di saat kondisi ekonomi masih challenging," ungkap Endy. Menurut Endy, likuiditas perseroan dinilai masih mencukupi untuk menyalurkan pembiayaan.

Bank Muamalat pun tidak hanya menargetkan pertumbuhan penghimpunan dana, namun juga berharap penyaluran pembiayaan bisa berjalan dengan baik. "Jadi likuiditas akan kita atur sedemikian mungkin sesuai dengan kaidah perbankan yang menerapkan management risiko yang baik," terang Endy.

Financing to Deposit Ratio (FDR) Bank Muamalat tahun lalu mencapai 95 persen. Angka ini sedikit lebih tinggi dari acuan yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 92 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com