Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darmin Nasution: Kelapa Sawit adalah Komoditas Andalan Indonesia

Kompas.com - 02/02/2017, 13:10 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki tujuh komoditas perkebunan potensial, yakni kelapa, cokelat, teh, kopi, pala, tebu, dan karet. Dari ke tujuh komoditas tersebut, sawit berada di peringkat paling atas yang menjadi andalan Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution saat menghadiri Pertemuan Nasional Sawit Indonesia, di Hotel Borobudur di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

"Harus kita akui bersama bahwa kelapa sawit adalah andalan dan kebanggaan kita," ujar mantan Gubernur Bank Indonesia ini.

Darmin menyebut, produk-produk turunan kelapa sawit memberikan kontribusi ekspor sebesar 75 persen dari sektor non-minyak bumi dan gas (migas). Sehingga, sawit menjadi salah satu penyumbang pemasukan terbesar ke negara.

Melihat besarnya potensi yang dihasilkan produk-produk turunan sawit, pemerintah semakin fokus mendorong kemajuan industri kelapa sawit nasional, yang tujuannya untuk memenuhi permintaan kebutuhan produk sawit di pasar nasional maupun internasional.

"Kita cari apa saja kekurangan yang ada di perkebunan kelapa sawit yang tidak ada di perkebunan lain. Kita cari opsi sistem untuk itu," terang Darmin.

Selain itu, untuk terus meningkatkan produksi sawit, pemerintah tengah terfokus pada peremajaan lahan kelapa sawit dengan mengombinasikan program kerja pemerintah melalui Kementerian Pertanian dan juga dunia usaha.

"Tidak perlu kerja sama erat, yang penting sinerginya harus ada sehingga dilaksanakan dengan baik," pungkasnya.

Kompas TV Pemerintah Hentikan Pembukaan Lahan Sawit Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com