Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rantai Pasokan di Empat Negara Ini Efisien

Kompas.com - 03/03/2017, 20:48 WIB

KOMPAS.com - Sampai dengan saat ini, ada empat negara yakni Korea Selatan, Jepang, China, dan Taiwan yang terbilang mempunyai rantai pasokan (supply chain) efisien. Keempat negara ini, kata CEO PT Pasifik Teknologi Indonesia (PTI) Nicko Christian memberi pengaruh pada industri manufaktur di Indonesia. "Ini dalam kaitannya juga dengan indusri digital," kata Nicko, hari ini, menjawab pertanyaan Kompas.com, di Jakarta.

PTI, imbuh Nicko adalah distributor produk digital video surveillance merek Dahua. PTI dalam kesempatan itu menggelar produk terbaru yakni kamera 4 in 1, recorder XVR, kamera 4MP, dan HCVR.

Josephus Primus CEO PT Pasifik Teknologi Indonesia (PTI) Nicko Christian memperkenalkan produk video surveillance HCVR 4MP merek Dahua. Peluncuran produk itu dilakukan di Jakarta pada Jumat (3/3/2017).

Terkait rantai pasokan tadi, Nicko memaparkan bahwa keempat negara itu mempunyai pabrik-pabrik besar yang memproduksi piranti digital. "Mereka bisa memproduksi chip digital dalam jumlah banyak," kata Nicko.

Kemampuan negara-negara tersebut, khususnya China, membuat PTI kata Nicko memilih belum membangun pabrik di Indonesia. "Biaya pembangunan pabrik di Indonesia jika dikaitkan dengan supply chain tadi belum sebanding,"  katanya lagi.

Data yang disampaikan Nicko menunjukkan bahwa pasar video surveillance di Indonesia rata-rata mencapai angka Rp 2,4 triliun. "Kami menargetkan penguasaan pasar mencapai 15 persen," demikian Nicko Christian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com