Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Kementerian Sinergi Bangun Konektivitas Natuna

Kompas.com - 09/03/2017, 16:03 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto dan sejumlah menteri Kabinet Kerja melakukan kunjungan ke Natuna, Rabu (8/3/2017).

Sejumlah menteri tersebut yakni Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Kunjungan sejumlah Menteri tersebut dilakukan dalam rangka Pencanangan Penetapan Kebijakan Program Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun Anggaran 2017 di Kabupaten Natuna.

"Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mempunyai visi misi mewujudkan konektivitas di Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau. Oleh karena itu, menjadi kewajiban kami untuk memastikan konektivitas itu terjadi,” tegas Menhub Budi Karya melalui siaran pers, Kamis (9/3/2017).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki kontribusi tersendiri untuk pembangunan Natuna ini. Menurut Menhub Budi Karya, Kemenhub memiliki sejumlah program.

Misal, menawarkan pendidikan vokasi untuk 1.000 pelajar Natuna dan daerah sekitarnya yang selama ini mengoperasikan kapal secara manual untuk mengikuti pendidikan vokasi Sumatera Barat.

Kemudian, pada tahun ajaran 2017, pendidikan kemaritiman telah masuk ke dalam kurikulum di Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan.

Selanjutnya, Kemenhub akan membangun sejumlah pelabuhan di Kepulauan Riau misalnya di Tarempa, Kepulauan Anambas. Pelabuhan tersebut ditargetkan selesai pada 2019.

Pada tahun lalu, Kemenhub telah selesai membangun Bandara Ranai, yang diresmikan Presiden Joko Widodo.

Sekadar informasi, Bandara Ranai yang telah selesai dibangun terletak berhadapan dengan Laut Cina Selatan.

Bandara ini memiliki dengan landasan pacu berukuran 2.550 x 32 meter yang direncanakan akan diperlebar menjadi 45 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com