Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kimia Farma Akan Bangun Rumah Sakit di Mekkah

Kompas.com - 22/03/2017, 15:17 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PT Kimia Farma (Persero) Tbk tengah mencari lahan yang tepat di sekitar Mekkah Arab Saudi untuk dibangun rumah sakit.

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, Kimia Farma saat ini tengah melakukan perundingan dengan pihak swasta asal Arab Saudi terkait rencana pembangunan rumah sakit di Mekkah.

"Programnya dengan Kimia Farma, kita sedang berkomunikasi dengan investor di sana untuk bisa mendapatkan tanah guna pembangunan rumah sakit," ujar Rini kepada Kompas.com usai menghadiri Gathering BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Rencana pembangunan rumah sakit di Mekkah didasari oleh banyaknya jamaah asal Indonesia yang menunaikan ibadah haji maupun umroh setiap tahun.

Rini menambahkan, jika pembangunan rumah sakit tersebut telah rampung, maka pengelolaannya akan langsung berada di bawah pengelolaan BUMN Holding Rumah Sakit.

Selain untuk jamaah haji dan umroh, rumah sakit tersebut juga nantinya bisa digunakan para tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

"TKI maupun jamaah haji atau umroh bisa pakai BPJS di sana," pungkas Rini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com