Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra International Ungkap Rahasia Bertahan saat Krisis

Kompas.com - 21/04/2017, 22:38 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International telah berdiri di Indonesia sejak 60 tahun lalu. Dalam mengarungi usianya tersebut, Astra dapat bertahan pada sejumlah situasi sulit termasuk krisis ekonomi pada 1998.

Dalam diskusi yang bertajuk "Menggali Makna 60 Tahun Astra", Head of Investor Relations PT Astra International Tira Ardinanti memaparkan strategi Astra dalam bertahan pada krisis ekonomi pada 1998 dan 2008.

"Kuncinya, pada saat krisis 1998 itu, kami tetap konsisten menerapkan good corporate governance. Salah satunya dengan tidak mengemplang utang kepada para kreditur, walaupun utang Astra saat itu mencapai 1,2 miliar dollar AS," ungkap Tira di Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (21/4/2017).

"Selain tetap menerapkan good corporate governance saat menghadapi krisis, kami juga pegang nilai-nilai kita di Astra. Seperti standar product Quality, Cost, Delivery, dan Innovation," paparnya.

Tira menjelaskan, pada saat krisis, Astra juga melakukan penghematan namun tidak mengorbankan sisi kualitas.

"Sekarang Avanza dan Xenia, itu adalah produk kami yang merupakan kombinasi antara penghematan biaya produksi, menjaga kualitas, dan menciptakan inovasi. Cara agar biaya produksinya murah adalah dengan menambah local content-nya. Sehingga, biaya (produksi) bisa kita tekan dan kualitas bisa tetap terjaga," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com