Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bappebti Prediksi Ketegangan di Semenanjung Korea Dongkrak Harga Emas

Kompas.com - 02/05/2017, 22:25 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Bachrul Chairi memperediksi harga emas akan meningkat dengan adanya ketegangan di Semenanjung Korea antara Amerika Serikat dengan Korea Utara.

Menurutnya, dengan terjadinya ketegangan di Semenanjung Korea para pengusaha masih mencari aman, dengan itu para investor tidak gencar melakukan transaksi jual beli dalam perdagangan emas yang akan menyebabkan kenaikan harga emas.

"Tentunya kalau ketegangan ini para pengusaha mencari safe (aman), trennya masih ada kedepan, ada tiga hal, di Amerika sendiri ekonominya masih membaik tapi jangka pendek, jangka panjangnya masih euforia 100 hari pemilihan presiden," ujarnya di Kantor Bappebti, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Bachrul mengatakan, faktor lain yang akan mempengaruhi harga emas ke depan adalah membaiknya ekonomi di China dan di Uni Eropa.

"Ini semua menyebabkan ketidakpastian globalnya, sehingga tren ke depan kelihatan masih cukup kuat, apalagi dengan ditambah ketegangan dampaknya kepada sumber perekonomian dunia, negara sekitar seperti Korea, Jepang, dan China, kedepan saya yakin orang masih safenya lari ke emas," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com