Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi: Presiden Sangat Marah...

Kompas.com - 04/05/2017, 18:16 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak habis pikir isu pelarangan penggunaan cantrang kembali dihembuskan. Bahkan menurut Susi, isu cantrang telah menyulut amarah Presiden Joko Widodo.

"Hari ini Presiden sangat marah karena kita masih ngomong cantrang terus. Tidak move on," ujarnya saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Padahal tutur ia, pemerintah sedang bekerja keras agar alat tangkap tidak ramah lingkungan itu tidak lagi digunakan oleh para nelayan. Sebab telah terbukti merusak ekosistem dasar laut.

Susi bahkan menilai isu cantrang yang dihembuskan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar belum lama ini terkesan bermuatan politik.

"Jadi jangan dibawa ke ranah politik, jangan dibawa ke ranah kepentingan sesaat. Kalau tidak suka sama Menteri Susi kirim surat saja, jangan pakai isu cantrang, jangan pakai isu lain-lain," sambung menteri nyentrik asal Pangandaran Jawa Barat itu.

Dalam konferensi pers, Susi memaparkan bahwa aturan terkait cantrang sudah dilakukan sejak 2009. Bahkan mulai 2015 lalu, sosialiasi dilakukan gencar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pemerintah pun ucap ia sudah memiliki skema sebagai kompensasi dari kebijakan pelarangan penggunaan cantrang.

(BACA: Ini Solusi Susi untuk Para Nelayan Cantrang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com