Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesadaran Pekerja Siapkan Pensiun Masih Rendah

Kompas.com - 17/05/2017, 19:44 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyatakan, kesadaran tenaga kerja di Indonesia dalam mempersiapkan masa pensiun masih rendah.

Karena itu, menurut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan sosialisasi dan memberikan benefit tambahan bagi perkerja yang mau mendaftarkan diri menjadi perserta BPJS Ketenagakerjaan.

(Baca: BPJS Ketenagakerjaan Kampanyekan Program Jaminan Pensiun)

Melalui momentum penetapan Hari Pensiun Nasional yang jatuh pada 20 April 2017, BPJS Ketenagakerjaan juga mendorong badan usaha baik milik negara maupun swasta untuk mendaftarkan pekerjanya.

"Semua perusahaan kecuali penyelenggara negara itu wajib mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan," ujar Agus saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

"Sebelum Juli 2015, kata pensiun identik dengan profesi Pegawai Negeri Sipil, Tentara Nasional Indonesia, Polisi dan pegawai pemerintahan. Tapi pasca berlakunya Jaminan Pensiun (JP) pada saat itu, uang pensiun yang memadai bisa didapatkan oleh pekerja swasta juga," ungkapnya.

Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan hingga April 2017, tercatat baru sekitar 13 juta pekerja yang terdaftar dalam program jaminan pensiun. Sementara total jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan mencapai 20 juta orang dan ditargetkan bisa mencapai 29 juta orang hingga akhir 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com