Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saja yang Boleh Masuk ke Dalam Kokpit Pesawat?

Kompas.com - 26/05/2017, 14:31 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menjelaskan ada beberapa orang yang diperbolehkan masuk ke dalam kokpit pesawat, selain pilot.

Hal ini sekaligus untuk menanggapi insiden seorang pilot Lion Air JT015 pada tanggal 23 Mei 2017 dengan rute dari Denpasar menuju Jakarta, yang membawa istri dan anaknya untuk masuk ke dalam kokpit pesawat.

"Kami punya aturan, yang boleh masuk ke dalam kokpit itu misalnya inspektur pesawat terbang," kata Agus, kepada wartawan, di Gedung Airnav, Tangerang, Banten, Jumat (26/5/2017).

Pasalnya, inspektur pesawat dari Ditjen Perhubungan Udara bertugas untuk mengendalikan operasional pesawat.

Inspektur, kata dia, bertugas mengawasi kinerja pilot, apakah sesuai dengan aturan yang ada atau tidak. Kemudian, dalam keadaan tertentu, dokter diperbolehkan masuk ke kokpit pesawat.

"Kalau misalkan pilot sedang sakit kan hrs ada dokter. Di saat genting, dia harus diperbolehkan masuk dengan persyaratan-persyaratan tertentu," kata Agus.

Kemudian, pihak lain yang diperbolehkan masuk ke dalam kokpit pesawat adalah orang yang mempunyai sertifikat khusus, seperti personel navigasi penerbangan. Kemudian orang yang telah mendapatkan izin dari pilot in command, AOC certificate holder management, dan izin dari Dirjen Perhubungan Udara.

Selain pihak-pihak yang disebutkan di atas, tidak dapat masuk ke dalam kokpit pesawat. Terutama ketika pilot tengah mengoperasikan pesawat terbang.

Sebelumnya, pemilik akun Facebook atas nama Citra Rienanti menceritakan pengalamannya melihat seorang perempuan dan anaknya memasuki kokpit saat Captain Dimas Rio sedang menerbangkan pesawat, Selasa lalu.

"Kejanggalan terjadi ketika saya melihat salah satu pramugari memberikan kode kepada penumpang yang duduk di bangku 1F dan 1E yaitu seorang ibu muda beserta putranya yang berusia mungkin sekitar 3 th an untuk meninggalkan bangku yang mereka tempati," demikian penggalan cerita Citra dalam postingan di akun Facebook pada Rabu.

Citra yang saat itu bepergian bersama suaminya curiga karena perempuan dan anak itu tak kunjung kembali atau keluar dari kokpit.

Citra bahkan mengecek ke toilet di dekat kokpit dan di sana ternyata tidak ada orang. Karena dipenuhi rasa penasaran, Citra menanyakan hal tersebut kepada pramugari. Namun, pramugari tidak dapat menjawab dengan jelas.

Akhirnya, pramugari memberi tahu bahwa perempuan dengan anaknya itu masuk ke kokpit menemui suaminya yang juga pilot pesawat itu.

Lion Air akan memberi sanksi kepada Captain Dimas Rio berupa penurunan bar, dari Captain menjadi First Officer atau tidak diberikan izin terbang (grounded) dalam jangka waktu tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com