Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Empat Perusahaan, BTN Siapkan Rp 700 Miliar

Kompas.com - 13/06/2017, 05:00 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan anggaran sebesar Rp 700 miliar untuk mengakuisisi empat perusahaan yakni Danareksa Investment Management (DIM), Danareksa Finance, satu asuransi jiwa, dan satu asuransi umum.

"Dananya (untuk akuisisi) sekitar Rp 700 miliar untuk empat usaha itu dengan proses multiyears (bertahap). Kemungkinan akan ada tambahan anggaran, tapi akan diperhitungkan kemudian," kata Direktur Consumer Banking Bank BTN Handayani, di Menara BTN, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

Proses akuisisi anak usaha Danareksa akan dilakukan beriringan dengan holding atau pembentukan induk usaha bank BUMN. Setelah holdingisasi berjalan, barulah memulai proses akuisisi. Saat ini, pihaknya masih mempersiapkan proses akuisisi tersebut.

"Proses yang paling dekat sebetulnya untuk asuransi jiwa, bekerja sama dengan Jasindo dengan mendirikan anak usaha baru. Ini akan menjadi anak usaha pertama BTN untuk asuransi jiwa, harapannya akhir tahun bisa jadi," kata Handayani.

"Kalau sudah dibentuk holding, Danareksa akan jadi induk, sementara anak usahanya salah satunya dikelola oleh BTN," kata Handayani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com