Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur The Fed: Tidak Ada Krisis Finansial Selama Saya Masih Hidup

Kompas.com - 28/06/2017, 11:34 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa dia tidak percaya akan adanya krisis finansial lain selama dia masih hidup. Dia memuji reformasi perbankan yang dilakukan pasca krisis finansial di periode 2007-2009.

"Saya ingin katakan, tidak akan pernah ada krisis finansial lain," ujar Yellen saat sesi tanya jawab di London, Selasa (27/6/2017).

"Mungkin hal itu tidak mungkin bagi Anda, tapi saya pikir kita lebih aman saat ini dan saya harap tidak ada krisis finansial di masa hidup kita dan saya tidak percaya hal itu akan terjadi," ujarnya.

Yellen mengatakan, bukan hal yang baik jika reformasi industri keuangan tidak terluka sebab membuat para pemangku kepentingan lebih waspada mencegah dilusi krisis finansial.

Presiden AS Donald Trump mengatakan di saat kampanyenya bahwa dia akan memangkas regulasi perbankan. Departemen Keuangan AS di awal bulan ini sudah mengajukan proposal untuk mengendorkan aneka batasan untuk bank besar.

Yellen enggan berkomentar ketika ditanya mengenai hubungannya dengan Trump, tapi dia mengatakan dia bekerja sama dengan baik dengan Menkeu AS Steve Mnuchin.

Yellen juga menambahkan bahwa dalam pandangannya, bank sentral AS akan terus meningkatkan suku bunga acuan walaupun bertahap.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com