Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemisahan Bakrie dari Bumi Plc Segera Dieksekusi

Kompas.com - 09/07/2013, 19:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Bumi Plc dikabarkan akan menyelesaikan transaksi senilai 508 juta dollar AS untuk memisahkan saham keluarga Bakrie dari kepemilikan saham Bumi Plc. Demikian informasi yang disampaikan dua sumber kepada Bloomberg (9/7/2013).

Menurut sumber itu, saat ini sedang dibicarakan mengenai proses penjualan saham Bumi Plc yang dimiliki Grup Bakrie kepada Chairman Bumi Plc Samin Tan sebanyak 23,8 persen.

Di sisi lain, Samin Tan yang memiliki 23,8 persen saham di Bumi Plc diperkirakan akan mendapatkan izin dari regulator Inggris untuk menambah sahamnya, dengan membeli saham Bakrie tanpa harus membuat penawaran umum kepada pemegang saham.

Rencananya, Grup Bakrie menggunakan dana penjualan itu untuk mengambil kembali kepemilikan sahamnya di PT Bumi Resources Tbk sebanyak 29,2 persen. Perusahaan tersebut dilepas ke Bumi Plc pada 2011 silam.

Juru bicara Grup Bakrie, Chris Fong, menolak mengomentari adanya kesepakatan antara Samin Tan dan Grup Bakrie. Menurut dia, saat ini proses pemisahan Grup Bakrie dari Bumi Plc terus dilakukan.

"Ini transaksi sepihak Samin Tan mengambil alih kendali tanpa membayar premi dan mengabaikan peluang pemegang saham minoritas untuk turut menikmati hasil buyback. Justru perilaku seperti inilah yang harus dicegah oleh regulator Inggris dan dewan direksi," ujar Nat Rothschild dalam e-mail-nya kepada KONTAN, Senin (8/7/2013).

Samin Tan sudah setuju untuk mundur dari posisi chairman segera setelah penggantinya ditemukan. Perusahaannya, Borneo Lumbung Energi, menginvestasikan 1 miliar dollar AS di Bumi Plc, setahun yang lalu, dengan membeli setengah saham Bakrie. (Agustinus Beo Da Costa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com