Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Masih Berpeluang Menguat

Kompas.com - 15/07/2013, 07:11 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan masih akan melanjutkan penguatannya.

Analis Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, IHSG sepanjang pekan kemarin sempat berada di bawah ekspektasi analisisnya yaitu masih di bawah target support 4.496-4.586.

"Namun ternyata mampu berbalik arah dan bertengger di atas target support tersebut, meski belum mampu menyentuh target resisten yang diprediksi semula yaitu di level 4.788-4.868 yang menandakan masih adanya tekanan jual di tengah kuatnya dorongan beli," kata Reza di Jakarta, Senin (15/7/2013).

Reza menyarankan investor jeli untuk melihat sentimen-sentimen yang ada.  Karena IHSG masih berada di bawah posisi teknikalnya, maka posisi ini sebenarnya masih rawan ada aksi ambil untung (profit taking).

Di pekan ini, sentimen yang harus diwaspadai adalah rapat moneter dari bank sentral Jepang sekaligus rilis Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Jepang, rilis inflasi China, tingkat kepercayaan konsumer dan suku bunga acuan bank sentral Australia serta neraca pembayaran dan neraca perdagangan Indonesia.

Di sisi lain, pasar juga harus melihat data manufaktur Inggris, neraca pembayaran Jerman, inflasi Perancis, penjualan ritel di zona Eropa hingga data kemiskinan Amerika Serikat. "Dengan kondisi itu, IHSG akan berada pada rentang support 4.496-4.586 dan resisten 4.788-4.868," tambahnya.

Saham-saham yang harus diperhatikan antara lain BSDE, ICBP, WIKA, TAXI, LPKR, DGIK, PWON, TOTL, JSMR, SMRA, CTRA, CTRS dan UNVR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com