Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 10 Koperasi Berprestasi Dapat Penghargaan

Kompas.com - 15/07/2013, 20:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pada perhelatan ke-33 Hari Koperasi Nasional 12 Juli silam, hanya 10 dari 99 koperasi berprestasi yang mendapat penghargaan dari pemerintah. Penghargaan itu, sebagaimana warta yang diterima Kompas.com, Senin (15/7/2013), diserahkan oleh Menteri Koperasi & Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan saat puncak Hari Koperasi yang kali ini diselenggarakan di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu koperasi yang mendapat penghargaan itu, kata Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau Milyono yang hadir dalam kesempatan itu adalah Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Makmur. Catatan menunjukkan KUD Sumber Makmur memiliki anggota 781 kepala keluarga petani kelapa sawit.

Milyono mengatakan, sejak berdiri 1993, KUD Sumber Makmur saat ini memiliki aset Rp 18 miliar. KUD ini sejatinya merupakan binaan Asian Agri di samping KUD Trani Maju dan KUD Jaya Makmur. Kedua koperasi ini berada di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Siak di Provinsi Riau.

Di samping ketiga koperasi di atas, masih ada lagi dua koperasi asal Riau yakni Credit Union (CU) Tunas Muda dan KUD Kampar. Total, kelima koperasi asal Riau ini mendapat penghargaan saat Hari Koperasi.

Sementara menurut General Manager Asian Agri Freddy Widjaya, pihaknya telah bekerja sama dengan lebih dari 29.000 kepala keluarga petani plasma. Awalnya, para petani itu adalah pengikut program transmigrasi. "Kami juga membantu 25.000 petani swadaya,"demikian Freddy Widjaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com