Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Dialog Iran-AS Redam Kenaikan Harga Minyak

Kompas.com - 06/08/2013, 15:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia turun setelah pemimpin baru Iran mengangkat wacana dialog antara negaranya dengan Amerika Serikat.

Harga minyak mentah untuk pengiriman bulan September turun sebanyak 12 sen menjadi 106,44 dollar AS per barel pada perdagangan elektronik di New York Merchantile Exchange pada hari ini, Selasa (6/8/2013).

Michael Hewson, analis pasar di CMC Market mengatakan menurunnya harga minyak bisa dikaitkan dengan harapan terhadap turunnya tensi antara AS dan Iran, yang baru saja memiliki pemimpin baru, Hasan Rouhani yang memiliki wacana untuk melakukan dialog dengan Barat.

Sementara itu, Departemen Energi AS, Agen Energi Internasion, dan OPEC minggu ini akan merilis penghitungan pasar terbaru, termasuk prediksi permintaan minyak dunia.

Minyak Brent, turun 25 sen menjadi 108,45 dollar AS per barel di pasar London. Komoditas lain yang harganya turun adalah gas alam, menjadi 3,317 dollar AS per juta kaki kubik, bensin grosir turun 0,7 sen menjadi 2,944 dollar AS per galon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com