Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Berpendapatan Rp 30 Juta Per Tahun Mulai Pikirkan Hiburan

Kompas.com - 09/09/2013, 21:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat dengan pendapatan domestik bruto (PDB) atau GDP di atas 3.800 dollar AS per tahun akan mulai memikirkan fungsi hiburan yang lebih baik.

"Masyarakat akan mulai memikirkan hiburan yang lebih baik setelah PDB mereka di atas 3.800 dollar AS. Sebelum (mencapai angka) itu, yang mereka pikirkan hanya pangan," ujar Chief Operation Officer BIGTV Widijastoro Nugroho setelah peluncuran BIGTV di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Widi menyatakan, inilah masa di mana pertumbuhan ekonomi bertumbuh dan PDB sudah menembus batasan 3.700 hingga 3.800 dollar AS. Kemudian masyarakat pun akan mulai berpikir tentang hiburan.

BIGTV sebagai penyedia layanan TV satelit berbayar tidak hanya menyasar masyarakat kelas menengah yang sedang menikmati peningkatan PDB seperti yang disebutkan. Widi menyebutkan dua hal utama yang ditonjolkan BIGTV.

"Ada dua hal, untuk market bawah tentunya affordability yang penting. Untuk masyarakat menengah dan ke atas adalah kualitas. HD (high definition) adalah penting," ujar Widi.

Saat ini semua televisi yang diproduksi sudah HD, dapat diidentifikasikan dari layar datarnya. Televisi layar tabung, lanjut Widi, sudah hampir tidak diproduksi. "Namun banyak orang yang berpikir HD itu mahal," kata Widi.

Untuk menampik anggapan tersebut, kata Widi, BIGTV membuka harga Rp 85.000 bagi masyarakat untuk dapat menikmati saluran televisi HD. "Kalau sudah lihat HD, enggak mau lihat SD (standard definition)," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com