Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG dan Rupiah Membaik, Presiden: Itu Belum Aman

Kompas.com - 13/09/2013, 16:54 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta kepada seluruh menteri terkait untuk terus bekerja dalam mengantisipasi gejolak ekonomi yang ada. Sebab, Presiden menilai kondisi saat ini masih belum aman.

"Meskipun beberapa hari terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kita membaik secara signifikan dan rupiah tidak terlalu melemah, tapi situasinya belum aman benar," kata Presiden seperti dikutip dari Twitternya (@SBYudhoyono) di Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Semalam, Presiden bersama menteri terkait kembali memimpin sidang kabinet untuk memastikan penananganan ekonomi terus dilakukan. Apalagi menindaklanjuti sesuai kebijakan paket ekonomi yang telah ditetapkan.

Di sisi lain, Presiden juga meminta laporan kepada menteri terkait terutama penyelesaian stabilisasi harga, nilai tukar rupiah, pelaksanaan investasi dan juga pertumbuhan ekonomi.

"Di samping ekonomi dunia memang masih bergejolak, yang kita lakukan di dalam negeri hasilnya juga masih menunggu beberapa waktu lagi," tambahnya.

Dari sisi rupiah, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) hingga perdagangan sore ini menguat menjadi Rp 11.395 per dollar AS, dibanding perdagangan sebelumnya di level Rp 11.494 per dollar AS. Di awal pekan ini, rupiah masih berada di level Rp 11.186 per dollar AS.

Sementara itu, IHSG juga mengalami apresiasi 18,93 poin (0,43 persen) menjadi 4.375.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com