Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Biodiesel Impor, Izin Industri Terancam Dicabut

Kompas.com - 18/09/2013, 13:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mengancam akan mencabut izin usaha industri biosolar yang menggunakan biodiesel impor dari Malaysia.

"Semua pelaku industri biosolar enggak boleh beli dari Malaysia. Semua harus beli dari dalam negeri, dicampur di dalam negeri. Kalau ada apa-apa laporkan. Kita cabut izin usahanya," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, di Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Dalam workshop Bahan Bakar Nabati tersebut, Susilo mengatakan, kebutuhan energi terus mengalami kenaikan dan memberatkan keuangan negara karena terlalu banyak energi yang diimpor dari luar.

Untuk kebutuhan industri saja, solar yang dibutuhkan setiap tahun rata-rata 16 juta kiloliter. Perusahaan listrik negara membakar setidaknya 6-7 juta kiloliter, sementara industri sebesar 11 juta kiloliter. "Kalau dikonversi ke minyak impor, sudah 95.000 barrel per hari," ujarnya.

Karena kebutuhan yang besar itu, maka perlu ada alternatif seperti penggunaan biosolar, campuran antara solar dari fosil dan bahan bakar nabati (BBN).

Ia menegaskan, penggunaan energi alternatif biosolar merupakan langkah penting untuk mendukung paket kebijakan presiden mengurangi kebijakan impor BBM. "Itu satu-satunya cara untuk mengurangi impor BBM kita yang sangat besar," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com