Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wirausaha Muda Didorong Kerjakan Proyek APBD

Kompas.com - 04/10/2013, 19:16 WIB
Didik Purwanto

Penulis


BADUNG, KOMPAS.com - Pemerintah menginginkan wirausaha muda bisa dipermudah mengakses kredit perbankan. Hal ini untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengharapkan pemberian kemudahan untuk akses kredit perbankan ini agar mahasiswa tidak mengerubungi perusahaan besar untuk memperoleh dana bantuan.

"Arahnya nanti semacam kita memberikan pembinaan sekaligus kemudahan, katakanlah mengakses kredit perbankan dan keuangan," kata Hatta di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Nusa Dua Bali, Jumat (4/10/2013).

Nantinya mahasiswa ini juga bisa mengakses ke pekerjaan atau proyek-proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sehingga tidak melulu usaha kecil saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa ini.

Namun demikian, Hatta mengharapkan agar wirausaha pemula ini tetap menjaga sisi kehati-hatian (governance) dalam berwirausaha. Bagaimanapun, wirausaha di bidang apapun juga memiliki resiko yang harus ditanggung oleh wirausaha itu sendiri.

"Nanti mahasiswa juga bisa diberi kemudahan untuk mengakses kredit usaha rakyat (KUR)," tambahnya.

Khusus untuk KUR, pemberian akses kredit ini akan memberi pelajaran bagi wirausaha tingkat pemula karena kredit yang disarankan oleh perbankan setidaknya Rp 20 juta. Secara pelan-pelan, wirausaha pemula ini juga akan mendapat pelatihan. Harapannya, jumlah plafon kredit tersebut akan meningkat seiring dengan perkembangan usahanya.

"Lalu tadi kami juga membicarakan, bahwa yang tadinya sudah mendapat modal kerja tapi tidak dapat modal investasi, kita perbolehkan. Jadi dapat modal kerja sekaligus modal investasi," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com