Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Sumut "Ngotot" Kuasai Inalum

Kompas.com - 22/10/2013, 21:21 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho mengatakan, pihak Pemerintah Provinsi Sumut tetap meminta PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang diakuisisi dari pihak Jepang menjadi milik daerah.

Kendati demikian ia menyadari, bagaimanapun juga pemerintah daerah Sumut tidak memiliki anggaran yang cukup banyak untuk itu.

"Ada pertimbangan kita pinjam lalu kita bekerja sama dengan pihak ketiga," kata dia ditemui sebelum rapat dengar pendapat soal pengambilalihan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Ia menambahkan, pemerintah daerah Sumut rencananya bakal membentuk konsorsium untuk pendanaan pengambilalihan saham Inalum, usai nasionalisasi pada 1 November 2013.

Konsorsium tersebut terdiri dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, serta pihak swasta. "Swasta yang berbicara dengan intens adalah PT Toba Sejahtera dan Apemindo (Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia)," ujarnya.

Pujo optimis jika saham terbesar dikuasai pemerintah daerah, akan muncul pabrik-pabrik aluminium baru. Di sisi lain, ia menyayangkan sejauh ini pemerintah daerah tak pernah diajak berembuk soal akuisisi Inalum.

"Kami ini kan anaknya pemerintah pusat, liatlah kami. Kami tidak pernah diajak ngobrol, tidak pernah secara teknis diajak ngomong mengenai prosentase. Pemerintah pusat kami adalah anakmu!" pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com