Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Terbitkan Obligasi Euro

Kompas.com - 25/11/2013, 19:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan pemerintah akan melakukan 44 kali lelang obligasi. Perinciannya, lelang surat berharga negara konvensional sebanyak 22 kali dan lelang sukuk sebanyak 20 kali.

Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU), Scenaider C H Siahaan mengatakan, total nilai surat utang yang akan diterbitkan mencapai Rp 359,84 triliun

Obligasi itu terdiri dari obligasi rupiah senilai Rp 293,09 triliun. Sedangkan obligasi dengan mata uang asing setara dengan Rp 66,74 triliun. "Selain dollar AS, kami juga akan terbitkan dalam yen (samurai bond) dan euro," ujar Scenaider, Senin (25/11/2013).

Namun, ia mengaku tidak ingat detail nilai penerbitan masing-masing obligasi valas tersebut. Yang jelas, nilai pinjaman dalam bentuk euro yang akan jatuh tempo tahun depan senilai 600 juta euro.

Asal tahu saja, penerbitan ini merupakan pertama kali bagi pemerintah akan menerbitkan obligasi dengan mata uang euro.

Alasan penerbitan obligasi euro ini adalah sebagai sumber pendanaan untuk refinancing pinjaman. Scenaider memperkirakan tenor surat utang itu akan ada di kisaran 5 tahun hingga 10 tahun. (Amailia Putri Hasniawati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com