Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johnson Chai, Asuransi Adalah Motivasi

Kompas.com - 05/12/2013, 13:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Bagi Johnson Chai, dunia asuransi bukan hanya sebuah pekerjaan. Dunia asuransi baginya adalah passion sekaligus dunia yang penuh motivasi.

Johnson telah berkiprah di industri asuransi selama kurang lebih 27 tahun. Saat ini ia menjabat sebagai Presiden Direktur PT Asuransi Sinarmas MSIG yang berkedudukan di Jakarta. Pria yang fasih berbahasa Indonesia ini juga sempat berkarir di Indonesia pada kurun 1997-2002.

"Saat itu saya termasuk pionir dalam memperkenalkan Credit Life di pasar Indonesia karena produk jenis ini belum marak di pasar asuransi Indonesia jaman itu. Salah satu pesaing saya saat itu adalah Eka Life yang menjadi cikal bakal Sinarmas MSIG Life," kenang Johnson Chai.

Selain di Indonesia, Johnson juga pernah berkarir di industri asuransi di China antara tahun 2002-2008. Di sana ia memperoleh sedikit kendala dalam komunikasi lantaran tidak bisa berbahasa China. Namun, ia memotivasi dirinya sendiri untuk dapat berkomunikasi.

"Saat di China, orang-orang mengira dari wajah saya bahwa saya orang China dan bisa bahasa Mandarin. Padahal tidak, saya tidak bisa bahasa China. Saya memotivasi, memaksa diri saya sendiri untuk dapat berbahasa China. Pada akhirnya, saya bisa melakukannya," ujar dia.

Kembali ke Indonesia pada tahun 2004, Johnson mengaku melihat banyak perubahan dan perkembangan di Indonesia, khususnya di industri asuransi. Ia melihat banyak perkembangan positif.

"Saat ini industri Indonesia berkembang dengan baik. Saya melihat banyak perubahan yang baik dari sisi regulasi dan peraturan. Tentu saja saya juga melihat langkah baik dari pemerintah, contohnya program literasi keuangan yang baru saja diresmikan," ungkap dia.

Adanya program asuransi mikro yang menyasar pada masyarakat yang belum terjangkau produk asuransi, diakuinya merupakan sebuah terobosan yang baik, karena masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap asuransi.

Johnson mengaku, walaupun latar belakang pendidikannya adalah Komunikasi Massa, dunia asuransilah yang menjadi ketertarikannya. Ia bekerja di industri asuransi sejak lulus hingga saat ini. Ia merasa di industri asuransi, ia dapat membantu dan memotivasi orang lain untuk memperoleh kehdidupan yang lebih baik.

"Saya bisa katakan I'm passionate about insurance. Di asuransi saya bisa membantu orang untuk lebih baik. Dengan asuransi, hidup anda terasa lebih mudah. Misalnya saat istri saya sakit beberapa waktu lalu, proses pengurusan rumah sakit sangat mudah. Saya tidak bisa membayangkan bila tidak memiliki asuransi. Saya juga bersyukur saya bekerja di asuransi," kata Johnson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com