NEW YORK, KOMPAS.com —
Harga minyak AS berakhir turun pada Rabu (11/12/2013) waktu setempat (Kamis pagi WIB) setelah laporan persediaan bahan bakar minyak AS yang bervariasi menunjukkan penurunan dalam pasokan minyak mentah, tetapi meningkat dalam stok bensin dan sulingan.

Kontrak berjangka utama minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari turun 1,07 dollar AS, ditutup pada 97,44 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk Januari, patokan Eropa, naik 32 sen menjadi menetap di 109,70 dollar AS per barrel di perdagangan London.

Departemen Energi AS melaporkan, persediaan minyak mentah AS turun 10,6 juta barrel dalam pekan yang berakhir 6 Desember, hampir lima kali estimasi penurunan 2,5 juta barrel oleh para analis yang disurvei oleh Dow Jones Newswires.

Itu merupakan penurunan kedua pekan berturut-turut dalam persediaan AS, menyusul kenaikan 10 minggu beruntun yang telah menambahkan lebih dari 35 juta barrel terhadap persediaan.

"Namun, penurunan bullish dalam stok minyak mentah diimbangi dengan peningkatan bensin dan sulingan atau destilasi yang lebih besar dari perkiraan sehingga membebani kontrak WTI," kata Tim Evans dari Citi Futures.

Pasokan bensin naik 6,7 juta barrel dan sulingan, yang termasuk diesel dan bahan bakar pemanas, naik 4,5 juta barrel. "Ini adalah tanda permintaan lesu di AS," kata Matt Smith dari Schneider Electric.

Smith mencatat bahwa minyak pemanas, terutama digunakan di timur laut, semakin kurang digunakan dan digantikan oleh gas alam karena konstruksi bangunan-bangunan baru dilengkapi dengan gas alam.

Pada pagi hari, Badan Energi Internasional (IEA), yang mengeluarkan prospek optimis untuk Amerika Serikat dan Eropa, mengatakan, pemulihan ekonomi di negara maju diharapkan akan mengangkat permintaan minyak global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.