Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Anjlok ke Level Terendah Tiga Tahun

Kompas.com - 20/12/2013, 07:06 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun lebih dari tiga persen pada Kamis (19/12/2013) waktu setempat (Jumat pagi WIB), menandai penutupan terendah dalam lebih dari tiga tahun.

Penurunan harga emas terjadi setelah keputusan Federal Reserve AS untuk mengurangi program pembelian aset bulanannya .

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari jatuh 41,4 dollar AS atau 3,35 persen menjadi menetap di 1.193,6 dollar AS per ounce. Harga emas berjangka menyentuh posisi terendah "intraday" di bawah tingkat 1.200 dollar AS untuk pertama kalinya sejak Juni.

Data dari Chicago Mercantile Exchange menunjukkan bahwa harga emas berjangka tidak ditutup pada tingkat yang rendah sejak 3 Agustus 2010.

Analis pasar mengatakan pasar emas sekarang didorong secara emosional, bahkan bagian terkecil dari berita dapat menyebabkan perubahan besar dalam pengambilan keputusan investor. Kenaikan yang kuat dalam dolar AS juga menekan harga emas.

Indeks dollar AS naik menjadi 80,602 dari 80,477 pada akhir Rabu setelah Federal Reserve mengumumkan akan mulai mengurangi pelonggaran kuantitatif sebesar 10 miliar dollar AS sejak Januari 2014.

Sementara perak untuk pengiriman Maret turun 87,3 sen atau 4,35 persen menjadi ditutup pada 19,186 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com